Tips memilih rak sepatu X

Grace
2019-02-17 14:21:06
0 comments

 

 

 

Rak sepatu adalah kebutuhan mebel yang sekunder tetapi tidak di pungkiri bahwa kita harus memiliki minimal satu rak sepatu di rumah. Jika tanpa rak sepatu, kondisi rumah akan berantakan karena banyak sepatu dan sandal berserakan. Yang mana barang-barang tersebut menganggu pemandangan.

Rak sepatu terbuat dari berbagai bahan, seperti kayu olahan, plastik, besi, dan barang bekas. Modelnya pun bermacam-macam, antara lain rak gantung, laci, kabinet, dan rak susun. Pemilihan model tergantung selera pemakai dan desain rumahnya.

Dengan model dan  warna rak sepatu lebih variatif. Desainnya dibuat sederhana dan tanpa motif. Ukuran rak sengaja diperkecil supaya bisa diletakkan di ruangan terbatas. Meskipun minimalis, tapi mampu menampung banyak sepatu.

Seperti kebanyakan orang yang menjual rak sepatu, baik berjualan langsung, toko mebel maupun lewat toko online. Jika suka berbelanja secara online, kita dapat membeli di gracemebel.com

Rak sepatu menjadi salah satu perabotan penting di rumah. Nah, kalau ingin membeli rak sepatu bagus dan ekonomis, tidak perlu mencari yang harganya mahal. Beberapa tips ini akan membantu untuk mendapatkan sepatu bagus dengan harga murah.

 

Penyesuaian Jumlah Rak dan Sepatu

Rak sepatu memiliki berbagai ukuran. Umumnya, tinggi rak sepatu paling sedikit 70 cm sampai 120 cm dengan lebar kurang lebih 30 cm. Jumlah raknya minimal empat tingkat. Kapasitas penampungannya tergantung panjang rak.

Rak standar dengan panjang 60 cm sampai 80cm, bisa memuat enam hingga sepuluh pasang sepatu.

Ukuran sepatu juga menentukan muatan di dalam rak sepatu. Kalau didominasi sepatu berukuran besar, daya tampungnya semakin berkurang.

Jadi, sebelum membeli rak, kita harus menghitung jumlah sepatu yang ada di rumah. Upayakan mencari rak yang bisa ditempati semua sepatu.

Bagaimana kalau tidak mempunyai  rak sepatu yang sesuai dengan jumlah sepatu kita? Solusinya adalah buanglah sepatu-sepatu yang sudah tidak layak digunakan. Atau jika enggan menyingkirkannya, simpanlah di dalam gudang.

 

Menyesuaikan Luas ruang dengan Rak Sepatu

Setelah menghitung jumlah sepatu, kita harus mengukur kebutuhan rak sepatu secara keseluruhan, mulai dari panjang, lebar, dan tingginya. Pengukuran ini dilakukan supaya bisa menentukan tempat atau ruang  rak sepatu diletakkan.

Sebenarnya, tidak ada kriteria dan ketentuan khusus untuk ruangan rak sepatu. Namun, jangan sampai rak sepatu melampaui kapasitas ruangan. Kalau ini terjadi, ruangan rumah akan terlihat gelap dan sumpek.

Manfaatkan rak sepatu minimalis untuk ruangan yang berukuran kecil. Jika terpaksa harus membeli rak berukuran besar, tempatkan di pojok ruangan atau di luar rumah.

 

Memilih Rak Sepatu yang Tahan Lama

Rak sepatu merupakan salah satu jenis furnitur yang mudah dibuat. Rak sepatu bisa dibentuk dari berbagai bahan. Bahan itu tidak harus mahal, yang penting tahan lama.

Contoh bahan rak sepatu yang bisa kita pilih, yaitu plastik, kayu olahan, kardus bekas, dan pipa yang sudah tidak dipakai.

Rak sepatu berbahan kayu olahan tergolong tahan lama. Rak ini mampu bertahan kurang lebih 8 hingga 10 tahun. Bahan dari besi stainless lebih tahan lama daripada kayu olahan.

Rak sepatu dari bahan kayu olahan cukup berkualitas dan memilki berbagai corak dan warna. kita bisa membuat berbagai model rak dari bahan ini. Meskipun tidak bisa menampung banyak sepatu, tapi cukup layak digunakan untuk menaruh sepatu.

 

Memilih Model Rak Sepatu Terbuka

Salah satu kriteria pilihan rak sepatu yang baik, yaitu memiliki ventilasi yang cukup lebar. Ventilasi ini berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya matahari dan pertukaran udara. Jika semua itu berjalan dengan baik, sepatu di dalam rak akan terjaga kualitasnya.

Lalu, bagaimana dengan rak sepatu tertutup? Model rak sepatu memang beraneka ragam, tapi lebih baik memilih rak sepatu terbuka.

Pasalnya, rak sepatu tertutup tidak memberikan ventilasi yang cukup ketika ditempatkan di ruangan. Akibatnya, sepatu menjadi lembap dan menebarkan aroma tidak sedap.

 

Menyesuaikan Model Rak Sepatu dengan Bujet harga

Mungkin, kita mempunyai pilihan  rak sepatu yang sesuai dengan kriteria. Tetapi, belum tentu harganya sesuai dengan isi kantong.

Kalau sudah begini, pilih rak sepatu yang harga bahannya lebih murah dan tahan. Rak sepatu murah pun bisa tahan lama asalkan kita bisa merawatnya.

Salah satu contoh rak sepatu murah, yaitu rak berbahan kayu olahan . Kini, rak sepatu berbahan kayu olahan  modelnya lebih variatif dengan harga ekonomis.

Rak ini akan awet kalau digunakan secara hati-hati. Berikan alas di bawah rak sepatu supaya kakinya tidak lekas usang.

 

Memilih Rak Sepatu dengan alas yang Miring

Mengapa harus memakai rak sepatu yang alasnya miring? Secara teori, kemiringan memudahkan kita untuk mengangkat suatu benda. Benda tersebut terasa lebih ringan dan lebih cepat rapi. Teori ini diterapkan pada beberapa benda, contohnya setrika dan tuas.

Begitu pun dengan permukaan rak sepatu yang dibuat miring. Saat kita meletakkan sepatu di sana, dengan sendirinya akan tertata rapi. Selain itu, bidang miring di rak sepatu akan memudahkan dalam pengambilan sepatu.

Itulah beberapa tips membeli rak sepatu. Luas ruangan merupakan hal yang paling memengaruhi desain rak sepatu yang akan dibeli. Semakin sempit ruangan yang kita miliki, rak yang dipilih semakin sederhana.


Leave a Reply

Your email address will not be published.